1.Karya tulis ini berjudul “Pencemaran Lingkungan Hidup”. Manusia merupakan bagian dari komponen lingkungan hidup dan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap lingkungan. Banyak terjadi kerusakan alam tanpa memperhatikan akibat yang ditimbulkan. Hal ini dapat menyebabkan kualitas lingkungan menurun dan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup, termasuk manusia itu sendiri dimasa yang akan datang.

Berdasarkan permasalahan di atas, rumusan masalah penulis ini adalah (1) Apa yang di maksut pencemaran lingkungan ? (2) Apa saja macam – macam pencemaran lingkungan ? (3) Apa akibat dari pencemaran lingkungan ? (4) Bagaimana cara untuk mencegah / menanggulangi pencemaran lingkungan ? (4) Mengapa manusia memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan hidup agar tidak terjadi pencemaran ?.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pencemaran lingkungan. (2) Untuk mendiskripsikan proses terjadinya pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah metode pustaka, metode langsung dan metode diskriptif analitik.

Pengertian pencemaran lingkungan menurut Undang – Undang Nomor 4 Tahun 1982 adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energy, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Zat yang menyebabkan polusi disebut polutan. Suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian tarhadap makhluk hidup.
Tercemarnya lingkungan dapat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya. Untu itu, kita harus senantiasa menjaga lingkungan agar tidak tercemar dan tetap lestari.


2. A. Latar Belakang
Pada masa sekarang ini, banyak sekali sinetron yang menghiasi hampir semua channel di televisi, itu bukan merupakan hal yang tabu, dan hal yang sangat lazim kita saksikan saat menonton televisi untuk mengisi luang dan hiburan. Mulai dari para pelajar manapun, banyak yang sering menonton sinetron. Hampir semua stasiun televisi berlomba untuk memproduksi sinetron. Tentunya dapat membawa dampak-dampak negatif bagi para siswa yaitu terganggunya waktu belajar yang seharusnya dipergunakan untuk belajar, menjadi waktu rutin untuk menonton sinetron. Selain itu, sinetron dapat berpengaruh pada otak dan gaya kehidupan sehari-hari yang menirukan dalam adegan cerita sinetron tersebut. Untuk itu, karya tulis yang dibuat ini akan menjelaskan kebenaran mengenai sebuah dampak sinetron bagi siswa.
B. Rumusan Masalah
1) Apa sajakah dampak yang dapat terjadi akibat tontonan yang kurang mendidik?
2) Mengapa sinetron-sinetron sekarang kurang menerapkan norma-norma?
3) Sinetron yang bagaimanakah yang baik untuk di tonton?
  1. Apakah yang harus dilakukan orang tua agar anaknya tidak terpengaruhi hal buruk dari sinetron?
C. Tujuan Penulisan
1. Mengetahui definisi dan contoh dari sinetron..
2. Mengetahui dampak sinetron terhadap pelajar.
3. Memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
D. Manfaat Penulisan
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu:
  1. Memberikan informasi tentang sinetron dan dampaknya
terhadap pelajar.
2. Sebagai sarana untuk mengembangkan pengetahuan ataupun
wawasan dari penulisan
E. Sistematika Penulisan
Karya tulis disusun dengan urutan sebagai berikut.
Bab I Pendahuluan, menjelaskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat dan sistematika penulisan.
Bab II Kajian Pustaka, menjelaskan definisi sinetron, contoh sinetron, dan dampak sinetron terhadap pelajar.
Bab II Penutup, menjelaskan simpulan dan saran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN (PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI)

Mengenal Olahraga Tradisional Jepang: Olahraga Mana Yang Cocok Denganmu?

Pengertian Pendidikan berdasarkan Lingkupnya