Mengenal Olahraga Tradisional Jepang: Olahraga Mana Yang Cocok Denganmu?

Jepang merupakan negara yang memiliki kebudayaan dan adat istiadat yang kuat dan menarik. Ada banyak hal menarik yang bisa dibahas dari Negari Matahari Terbit ini bernama Jepang mulai dari festival, makanan, tempat-tempat menarik, keindahan alamnya, sampai hal-hal unik yang ada di sana. Tetapi kali ini Japanlist akan memperkenalkan tentang olahraga-olahraga tradisional dari Jepang. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah kalian dengar, tapi mungkin ada sebagian di antara kalian yang masih belum tahu tentang olahraga tradisional Jepang. Nah, untuk tahu lebih lanjut, mari kita lihat apa saja olahraga-olahraga tradisional Jepang itu.

1. Sumo


[caption id="attachment_11781" align="alignnone" width="1280"]En.theoutlook.com.uaEn.theoutlook.com.ua[/caption]Sumo adalah olahraga gulat yang bertujuan saling menjatuhkan lawan, dengan cara dorong mendorong keluar dari lingkaran atau terjatuh di dalam lingkaran ring (dohyo). Biasanya semakin gemuk atau besar tubuh pemainnya semakin besar kemungkinan dia dapat mendorong atau menjatuhkan lawannya dari ring.[caption id="attachment_11782" align="alignnone" width="753"]Jpninfo.comJpninfo.com[/caption]
Sumo merupakan olahraga tradisional yang sudah cukup lama menjadi bagian dari masyarakat Jepang. Olahraga ini disebut-sebut sudah ada di Jepang sejak abad ke-8 Masehi, lho! Banyak tradisi yang masih dipertahankan, salah satunya adalah soal rambut. Sampai sekarang pun rambut pegulat Sumo profesional harus panjang agar bisa ditata seperti model rambut Samurai di jaman Edo.

2. Karate


[caption id="attachment_11783" align="alignnone" width="700"]www2.dokkyo.ac.jpwww2.dokkyo.ac.jp[/caption]Karate adalah seni bela diri yang berasal dari Jepang, yang artinya Tangan Kosong. Karate sendiri memiliki sedikit kemiripan dengan seni-seni bela diri dari Cina, namun Karate memiliki aliran kumite dan tingkatan-tingkatan yang berbeda dari bela diri Cina. Olahraga ini sangat terkenal di Jepang karena banyak orang yang menginginkan gelar/tingkatan sabuk yang ada dalam olahraga ini. Dalam karate Sabuk Putih disandang oleh pemula sedangkan sabuk dengan tingkatan tertinggi adalah Sabuk Hitam. Pertandingan karate sendiri dibagi atas 3 jenis yaitu:
  1. Kumite (perkelahian)
  2. Kata (jurus)
  3. Kihon (peragaan teknik)
[caption id="attachment_11784" align="alignnone" width="700"]www2.dokkyo.ac.jpwww2.dokkyo.ac.jp[/caption]Di Indonesia karate juga sangat terkenal sama seperti di Jepang. Banyak sekolah di Indonesia yang memiliki kegiatan ekstrakulikuler olahraga bela diri karate. Tapi, jangan salah, loh karate di Indonesia bukan dibawa atau diperkenalkan oleh tentara Jepang saat jaman dahulu, melainkan dibawa oleh mahasiswa-mahasiswa yang pernah belajar di Jepang dan kembali dengan membuka dojou (tempat latihan) karate di Indonesia.

3. Kendo


[caption id="attachment_11801" align="alignnone" width="720"]iichan.hkiichan.hk[/caption]Kendo adalah seni bela diri menggunakan pedang dari Jepang. Kendo merupakan olahraga seni bela diri yang membutuhkan konsentrasi dan dedikasi sangat tinggi dalam menjalankannya. Layaknya seorang pribadi samurai yang pemberani, kendo pun memerlukan latihan untuk mengayungkan pedang dan teknik melangkah dengan baik saat menggunakan pedang. Bela diri ini bertujuan untuk mengembangkan diri, kedisiplinan, dan postur tubuh yang baik.[caption id="attachment_11786" align="alignnone" width="640"]Blogs.yahoo.co.jpBlogs.yahoo.co.jp[/caption]Untuk latihan kendo digunakan peralatan kendo seperti, seragam khusus yang agak tebal ( hakama), pedang bambu (Shinai) dan Bogu (Pelindung kepala, badan, tangan, paha, dan kemaluan). Banyak sekali teknik-teknik kendo untuk dipelajari, dan saat ini Kendo sudah dipertandingkan baik di tingkat nasional maupun internasional untuk laki-laki maupun perempuan.

4. Judo


[caption id="attachment_11803" align="alignnone" width="2180"]www.zw234.cnwww.zw234.cn[/caption]Judo adalah seni bela diri dan olahraga filosofi dari Jepang yang dikembangkan dari seni bela diri Jepang yang disebut jujutsu. Jujutsu adalah teknik dan seni bela diri yang berupa pertahanan dan penyerangan dengan menggunakan tangan kosong maupun senjata pendek.[caption id="attachment_11788" align="alignnone" width="750"]Challengers.tvChallengers.tv[/caption]Seperti halnya karate, judo pun memiliki ikat pinggang yang menunjukkan tingkatan kyu ataupun dan. Untuk pemula yaitu kyu kelima dan keempat menggunakan warna putih; kyu ketiga, kedua, dan pertama menggunakan warna cokelat, warna hitam dipakai oleh judoka yang sudah mencapai tahapan dan, mulai dari shodan, atau dan pertama, hingga dankelima. Judoka dengan tingkatan dan keenam hingga dan kesembilan menggunakan ikat pinggang kotak-kotak berwarna merah dan putih, walaupun kadang-kadang juga menggunakan warna hitam. Tingkatan paling tinggi atau dan kesepuluh menggunakan ikat pinggang merah putih atau merah. Judoka perempuan yang telah mencapai tahap dan atas memiliki garis putih yang memanjang di bagian tengah ikat pinggang hitam mereka.

5. Aikido


[caption id="attachment_11804" align="alignnone" width="1024"]www.guioteca.comwww.guioteca.com[/caption]Aikido merupakan olahraga seni bela diri yang sudah ada sejak tahun 1800an di Jepang dan diformulasikan sejak tahun 1920 sampai 1930an. Bela diri ini merupakan bela diri yang lebih khas atau seni dari gerakan-gerakan tradisi budaya dari Jepang. Kalau bela diri pada olah raga lain biasanya menggunakan kekuatan fisik juga kecepatan, Aikido menitikberatkan pada penguasaan yang kesempurnaan teknik-teknik tertentu dalam pertarungan. Seperti teknik mengelak atau menghindar, kuncian, lemparan, dan bantingan. Berbeda dengan bela diri yang lain, pukulan juga tendangan jarang digunakan atau malah dihilangkan dalam bela diri ini.Aikido juga disebut seperti membaca serangan musuh dan tidak pernah mundur dalam mengatasi berbagai jenis serangan lawan. Selain teknik di Jepang di Inggris pun Aikido memiliki teknik-teknik tersendiri. Aikido tidak memiliki pertandingan atau kompetisi tersendiri, karena Aikido dipergunakan untuk memasyarakatkan dirinya dengan sistemembukai atau sejenis peragaan dalam seni gerak bela diri. Tingkatanya pun ada dua yaitu kyu (pemula) dan shodan (mahir).

6. Kyudo


[caption id="attachment_11805" align="alignnone" width="1000"]ladyninjafightyou.tumblr.comladyninjafightyou.tumblr.com[/caption]Kyudo merupakan olahraga bela diri seni memanah modern dari kelas samurai jaman feodal Jepang. Kyudo juga termasuk olahraga tradisional, karena sudah ada sejak 500-300 sebelum Masehi. Teknik kyujutsu ini sudah digunakan di jaman dahulu saat peperangan antar wilayah masih banyak terjadi di Jepang. Di jaman sekarang  hampir di setiap sekolah Jepang pasti memiliki dojo untuk tempat berlatih kyudo. Olahraga ini juga banyak dikompetisikan di tiap tingkatan sekolah di Jepang.Penulis: Romario Andhyka
Sumber: http://japantourlist.com/

Komentar

  1. Berita Olahraga terupdate seputar Olahraga Sepak Bola Tim Manchester United
    Gabung bersama Fans MU Ikuti terus Update Setiap Harinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN (PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF TEKNOLOGI)

Pengertian Pendidikan berdasarkan Lingkupnya